Link Geo sangat baik jika ditampilkan melalui FIREFOX. Anda dapat mendownloadnya di SINI

Buku-buku pilihan


Masukkan Code ini K1-89F7C3-1
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Link-Geo Search Engine

Custom Search

Online Indonesian English Dictionary

Minggu, 21 Juni 2009

Awan berdasarkan ketinggian

http://rovicky.files.wordpress.com/2006/07/jenis-jenis-awan-dan-ketinggiannya.png

Awan di langit dibentuk dari perpaduan panas matahari, uap air, suhu udara, dan angin. Lalu, campurkan ketiga bahan tersebut di atmosfer bumi. Nah, jadilah awan.

Namun, tahukah kamu, bahwa awan yang kita lihat selama ini ada yang lezat, ada juga yang tidak. Dalam artikel kali ini, kami akan menyajikan sebuah artikel yang kami kutip dari Majalah Bobo edisi 50 tanggal 19 Maret 2009. Semoga bermanfaat.

Awan Pancake

Baiklah, sekarang kita lihat awan Pancake. Awan ini dihasilkan jika suhu udara sangat dingin. Suhu udara yang dingin ini bisa kita rasakan di puncak gunung. Oya, awan Pancake ini ada julukan lain, yaitu awan UFO. Ya, karena awan ini mirip piring terbang makhluk luar angkasa.

Awan Altocumulus Lenticularis

Awan Altocumulus Lenticularis

Nama Pancake punya nama ilmiah juga, lo. Namanya awan Altocumulus Lenticularis. Lenticularis ini artinya lensa, karena awan ini mirip lensa.

Awan ini tidak lezat. Mengapa? Karena angin yang berputar di dekat awan ini sangat kencang dan dapat membahayakan pesawat. Makanya pilot pesawat akan menghindar jika melihat awan Pancake ini.

Awan Puffy

Awan Cumulonimbus

Awan Cumulonimbus

Jenis awan ini akan terjadi jika sinar matahari terlalu panas dan banyak uap air. Bentuk awan ini bergumpal-gumpal seperti kapas raksasa yang empuk. Makanya awan ini diberi julukan awan Puffy. Nama ilmiahnya adalah Cumulonimbus.

Awan ini sama bahayanya dengan awan Pancake. Soalnya awan ini merupakan awan badai. Putaran angin dalam awan ini sangat kencang. Dan awan ini juga bermuatan listrik. Muatan listrik ini akan menimbulkan kilat. Makanya pilot pesawat akan berhati-hati jika berhadapan dengan awan Puffy.

Awan Blueberry

Nah, terakhir adalah awan Blueberry. Kenapa namanya Blueberry? Ya, karena awan ini warnanya biru tua seperti warna blueberry.

Awan Stratus Dilihat dari Atas

Awan Stratus Dilihat dari Atas

Nama ilmiah awan ini adalah Stratus dan Nimbostratus. Awan ini merupakan awan paling lezat karena tidak berbahaya seperti kedua awan di atas. Awan ini terbentuk jika angin lembut bertiup, cukup uap air, dan sinar matahari tidak terlalu panas. Makanya, awan ini sering terlihat ketika sore hari yang cerah.

Oya, adanya awan ini menandakan cuaca cerah atau hanya akan menimbulkan hujan rintik-rintik.

Pay Per Click Indonesia

Adsense Indonesia Bye Myspace Comments
Loading...

Sumber-sumber bacaan dan unduhan

- http://langitselatan.com/, http://www.google.co.id/, http://id.wikipedia.org/wiki/Geografi, http://id.wikipedia.org/wiki/Tornado, http://rachmatwahidi.wordpress.com, http://andimanwno.wordpress.com, http://engineersblogs.blogspot.com, http://geo.ugm.ac.id/archives/100, http://www.e-dukasi.net/ untuk tujuan pembelajaran Geografi di kelas dan umum.

Bagi yang mau Upload File - Share File & Dapet Duit, Klik Banner di bawah