Link Geo sangat baik jika ditampilkan melalui FIREFOX. Anda dapat mendownloadnya di SINI

Buku-buku pilihan


Masukkan Code ini K1-89F7C3-1
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Link-Geo Search Engine

Custom Search

Online Indonesian English Dictionary

Jumat, 28 Agustus 2009

PETA BUTA sebagai alat/media BELAJAR IPS ?


Tahukah anda definisi dari Peta?

Di salah satu blog saya menemukan definisi Peta sebagai berikut:
Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.

Apa fungsi PETA?

Secara umum fungsi peta sebagai berikut:
  1. Menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat di permukaan bumi,
  2. Memperlihatkan ukuran (luas, jarak) dan arah suatu tempat di permukaan bumi. Menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi, seperti benua, negara, gunung, sungai dan bentuk-bentuk lainnya.
  3. Membantu peneliti sebelum melakukan survei untuk mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti.
  4. Menyajikan data tentang potensi suatu wilayah.
  5. Alat analisis untuk mendapatkan suatu kesimpulan.
  6. Alat untuk menjelaskan rencana-rencana yang diajukan.
  7. Alat untuk mempelajari hubungan timbal-balik antara fenomena-fenomena (gejala-gejala) geografi di permukaan bumi.
Sekarang bila kita mengingat pelajaran SeDe dulu Pada Kelas V (lima) terdapatnya materi "PETA BUTA" Coba kita pikirkan lagi, apakah materi ini masih tepat disebut dalam pembelajaran PETA ? Mengingat PETA BUTA kan tidak memiliki fungsi-fungsi di atas terutama dalam fungsi untuk menunjukkan lokasi. Nah coba deh kalo anda mau pergi ke suatu tempat yang asing dan membutuhkan PETA daerah tersebut, terus dikasihnya PETA BUTA, gimana coba? Kayak Orang Buta nuntun Orang Buta he he he

Jadi mungkin ada baiknya materi PETA BUTA untuk pembelajaran IPS di sekolah lebih baik dihilangkan saja karena secara umum akhirnya meniadakan fungsi dari peta dan sebaiknya setiap anak secara mandiri diajarkan untuk membaca PETA/Komponen PETA secara baik dan benar. Lebih baik lagi jika setiap siswa dikenalkan dahulu PETA wilayahnya/lingkungannya. Jangan terlalu luas menghapal lokasi pada PETA BUTA seluru Indonesia atau bahkan mungkin seluruh Dunia.

Pay Per Click Indonesia

Adsense Indonesia Bye Myspace Comments
Loading...

Sumber-sumber bacaan dan unduhan

- http://langitselatan.com/, http://www.google.co.id/, http://id.wikipedia.org/wiki/Geografi, http://id.wikipedia.org/wiki/Tornado, http://rachmatwahidi.wordpress.com, http://andimanwno.wordpress.com, http://engineersblogs.blogspot.com, http://geo.ugm.ac.id/archives/100, http://www.e-dukasi.net/ untuk tujuan pembelajaran Geografi di kelas dan umum.

Bagi yang mau Upload File - Share File & Dapet Duit, Klik Banner di bawah