Link Geo sangat baik jika ditampilkan melalui FIREFOX. Anda dapat mendownloadnya di SINI

Buku-buku pilihan


Masukkan Code ini K1-89F7C3-1
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Link-Geo Search Engine

Custom Search

Online Indonesian English Dictionary

Kamis, 24 September 2009

Mengelola Lingkungan Kawasan Estuari Muara Sungai Musi – Sumatera Selatan

Mengelola Lingkungan Kawasan Estuari Muara Sungai Musi – Sumatera Selatan

Sungai Musi membentuk suatu kawasan estuari yang terdapat di Delta Sungai Musi. Estuaria dipengaruhi aliran sungai dan arus pasang surut. Saat air pasang, air laut akan masuk dan mempengaruhi kadar salinitas serta kualitas air yang ada dalam estuaria tersebut. Fungsi estuaria diantaranya adalah tempat pemijahan dan tempat perlindungan yang digunakan untuk penangkapan tradisional dan akuakultur.
Kawasan estuaria yang berada di kawasan pesisir tak luput dari pengembangan dan pembangunan. Dampaknya adalah kerusakan ekosistem estuaria dan munculnya konflik kepentingan. Oleh karena itu, pengembangan dan pembangunan diselaraskan dengan kelangsungan ekosistem estuaria. Ekosistem yang terdapat di estuari Sungai Musi terdiri dari hutan rawa dan hutan mangrove, sedangkan ekosistem terumbu karang dan rumput laut tidak dijumpai di kawasan ini.
Strategi yang dapat dilakukan antara lain penyusunan rencana tata ruang kawasan estuaria Delta Sungai Musi, Sumatera Selatan (meliputi kawasan budidaya dan lindung), sistem informasi yang tepat mengenai potensi sumber daya alam (hayati dan non hayati), dan menyadarkan masyarakat untuk menjaga dan memelihara ekosistem. Perencanaan tata ruang kawasan estuaria Delta Sungai Musi dengan sistem zonasi kawasan lindung, kawasan penyangga, kawasan budidaya, dan kawasan prioritas. Kawasan lindung estuaria Dekta Sungai Musi mencakup hutan mangrove sepanjang garis pantai di pesisir timur Sumatera Selatan kawasan estuari muara Sungai Musi dan sepanjang alur Sungai Musi dari muara ke arah hulu hingga perbatasan Kota Palembang dengan kota Kecamatan Upang.
Untuk menjaga dan memelihara ekosistem dibuat rencana pengelolaan lingkungan di kawasan pesisir yang bertujuan untuk melindungi kawasan dari pencemaran limbah permukiman, industri pengolahan ikan, pelabuhan dan lain-lain. Limbah cair dikelola dengan cara pemusatan pengolahan limbah permukiman atau rumah tangga, letak pembuangan limbah cair jauh dari kawasan estuari Sungai Musi, sistem pengolahan limbah wajib memenuhi standar efluent. Sedangkan limbah padat, pengelolaannya dengan pembuangan secara terbuka (open disposall atau dumping), penimbunan dengan tanah (sanitary landfill), kompos (composting), dan pembakaran (incenerator).

Pay Per Click Indonesia

Adsense Indonesia Bye Myspace Comments
Loading...

Sumber-sumber bacaan dan unduhan

- http://langitselatan.com/, http://www.google.co.id/, http://id.wikipedia.org/wiki/Geografi, http://id.wikipedia.org/wiki/Tornado, http://rachmatwahidi.wordpress.com, http://andimanwno.wordpress.com, http://engineersblogs.blogspot.com, http://geo.ugm.ac.id/archives/100, http://www.e-dukasi.net/ untuk tujuan pembelajaran Geografi di kelas dan umum.

Bagi yang mau Upload File - Share File & Dapet Duit, Klik Banner di bawah