Link Geo sangat baik jika ditampilkan melalui FIREFOX. Anda dapat mendownloadnya di SINI

Buku-buku pilihan


Masukkan Code ini K1-89F7C3-1
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Link-Geo Search Engine

Custom Search

Online Indonesian English Dictionary

Kamis, 29 Oktober 2009

TEKNIK PERBAIKAN DATA DIGITAL (KOREKSI DAN PENAJAMAN) CITRA SATELIT

Wahyu Supriatnal dan Sukartono2

Satelit penginderaan jauh dapat dibedakan berdasarkan 10 jenis gelombang mikro yang digunakan, yaitu sistem pasif (optik) dan sistem aktif (radar). Pada sistem pasif, sensor merekam objek (permukaan bumi) yang mendapat sinar matahari sebagai sumber energi, sehingga kualitas citra bergantung pada intensitas sinar matahari. Apabila objek tertutup awan maka objek tidak terlihat atau tidak tergambarkan. Pada sistem aktif, sensor merekam objek menggunakan energi elektromagnetik buatan yang dipancarkan dari sensor dan kemudian diterima kembali oleh antena (Wahyunto et al., 1998). Energi elektromagnetik tersebut berupa gelombang pendek (microwave) dengan panjang gelombang bervariasi (2,60-30 cm) atau X, C, S, L-band dan mempunyai kemampuan menembus awan, sehingga tidak terpengaruh cahaya matahari dan dapat bekerja siang malam (Lillesand dan Keifer, 1994).

Satelit Adeos milik Jepang yang telah diluncurkan membawa dua sensor (optik dan radar) sekaligus dalam perekamannya. Dengan demikian, citra satelit Adeos sangat berguna untuk mengkaji sumber daya alam daratan dan lautan karena keduanya saling melengkapi (Nasda, 2000).

Untuk dapat memberikan informasi yang benar, baik jenis informasi maupun skalanya, rekaman citra satelit Adeos perlu diperbaiki. Perbaikan citra mencakup koreksi radiometrik dan geometrik. Koreksi radiometrik dilakukan karena adanya efek atmosferik yang mengakibatkan kenampakan bumi tidak selalu tajam. Sedangkan koreksi geometrik merupakan upaya memperbaiki citra dan pengaruh kelengkungan bumi dan gerakan muka bumi dengan cara menyesuaikannya dengan koordinat bumi (memposisikan letak lintang dan bujur), sehingga sesuai dengan koordinat peta dunia.

Tulisan ini menjelaskan proses perbaikan data digital dari data optik citra satelit Adeos. Perbaikan mencakup koreksi radiometrik (penajaman citra) dengan teknik Gaussian equalize dan koreksi geometrik image to image

Bahan yang digunakan dalam proses perbaikan data digital adalah citra satelit daerah Semarang dan sekitamya yang direkam oleh satelit Adeos dengan waktu perekaman yang berbeda, baik yang belum terkoreksi maupun yang telah terkoreksi secara geometrik. Sebagai data penunjang digunakan peta topografi. Koreksi dilakukan menggunakan komputer dengan paket program pengolah data (software) ER-Mapper versi 6.0.

Koreksi radiometrik merupakan teknik perbaikan citra satelit untuk menghilangkan efek atmosferik yang mengakibatkan kenampakan bumi tidak selalu tajam. Koreksi radiometrik dilakukan dengan prosedur sebagai berikut (Gambar 1). Pada menu utama software ER-Mapper, klik View kemudian klik Algorithm. Setelah Algorithm muncul di layar monitor kemudian file data set dimasukkan (Mapper, 1998)


Langkah pertama dalam koreksi geometrik dengan cara polinomial adalah menentukan titik-titik pada citra yang mudah dikenali, misalnya perpotongan jalan, lekukan sungai, serta kenampakan lain yang jelas terlihat pada kedua citra. Koordinat pada citra yang terkoreksi dicatat kemudian koordinat untuk setiap titik yang sama dimasukkan ke dalam titik-titik pada citra yang akan dikoreksi. Setelah semuanya dicatat, software dapat mengeksekusinya dengan men­jalankan menu rektifikasi (rectify). Proses rektifikasi dapat dijelaskan sebagai berikut: Pada menu utama klik Process kemudian Geocoding Wizard. Langkah pertama, klik Start, file data set (citra yang akan dikoreksi) dimasukkan, kemudian pilih polinomial. Langkah kedua, pada Polynomial Setup, pilih linear. Langkah ketiga, GCP Setup, klik geocoded image, vectors or algorithm, masukkan file data set (citra yang telah terkoreksi), klik change jika akan mengubah output coordinate space. Langkah keempat, GCP Edit, masukkan titik-titik pengikat pada kedua citra. Langkah kelima klikRecti.h, (Mapper, 1998).

baca selanjutnya dengan mengKlik ini

Pay Per Click Indonesia

Adsense Indonesia Bye Myspace Comments
Loading...

Sumber-sumber bacaan dan unduhan

- http://langitselatan.com/, http://www.google.co.id/, http://id.wikipedia.org/wiki/Geografi, http://id.wikipedia.org/wiki/Tornado, http://rachmatwahidi.wordpress.com, http://andimanwno.wordpress.com, http://engineersblogs.blogspot.com, http://geo.ugm.ac.id/archives/100, http://www.e-dukasi.net/ untuk tujuan pembelajaran Geografi di kelas dan umum.

Bagi yang mau Upload File - Share File & Dapet Duit, Klik Banner di bawah