Link Geo sangat baik jika ditampilkan melalui FIREFOX. Anda dapat mendownloadnya di SINI

Buku-buku pilihan


Masukkan Code ini K1-89F7C3-1
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Link-Geo Search Engine

Custom Search

Online Indonesian English Dictionary

Rabu, 26 Agustus 2009

Persebaran Flora dan Fauna di permukaan bumi

Gejala biosfer yang berkaitan dengan dua faktor yaitu faktor fisik dan biotik dan sangat dipengaruhi oleh adanya unsur-unsur atmosfer, litosfer, dan hidrosfer. Adapun gejala biosfer pada permukaan bumi ini berbeda-beda, hal ini menyebabkan terjadinya perbedaan persebaran makhluk hidup atau terjadinya persebaran makhluk hidup yang tidak merata.


Perbedaan iklim dapat menyebabkan jenis persebaran flora dan fauna berbeda-beda. Adapun unsur-unsurnya berupa kelembaban udara, temperature, curah hujan, dan angin. Namun faktor iklim sangat dipengaruhi dengan besarnya intensitas cahaya matahari di suatu tempat. Pada lingkungan darat, pengaruh iklim terhadap persebaran organisme sangatlah besar.

Seperti yang diuraikan sebelumnya bahwa iklim dapat dipengaruhi oleh banyak sedikitnya cahaya matahari atau sering disebut dengan intensitas cahaya. Energi matahari sangat berguna bagi makhluk hidup terutama untuk tumbuhan sebagai salah satu hal penting dalam proses fotosintesis. Salah satu yang mempengaruhi pola penyinaran matahari ke bumi adalah karena adanya bentukan permukaan bumi yang berlainan (perbedaan relief bumi). Daerah yang paling banyak mendapat sinar matahari akan menjadi daerah yang padat akan vegetasi, hal ini tentu juga harus diseimbangkan dengan keadaan tanah, air, dan suhu yang ada.

Kondisi tanah (edafik) sangat mempengaruhi persebaran makhluk hidup terutama tumbuhan. Adapun baik atau tidaknya kondisi tanah sangat dipengaruhi oleh butiran tanah, mineral, humus, sirkulasi udara, dan air tanah.

Selain faktor fisik yang dapat mempengaruhi persebaran flora dan fauna faktor biotikpun dapat mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Beberapa jenis tumbuhan besar mampu menjadi tempat hidup dan memberi kehidupan bagi makhluk hidup lain. Misalnya tumbuhan besar yang dapat menjadi tempat kehidupan hewan primata dan tempat hidupnya tumbuhan epifit. Juga tidak dapat dipungkiri kegunaan tumbuhan kecil seperti lumut yang menjadi tumbuhan perintis karena mampu hidup di batuan dan mengubah batuan itu menjadi lapisan tanah yang bisa ditumbuhi oleh tanaman yang lebih besar.

Begitupun beberapa jenis hewan dapat mempengaruhi kehidupan baik bagi tumbuhan maupun hewan lain. Misalnya lebah membawa serbuk sari dari bunga yang satu ke bungan yang lainnya sehingga penyerbukan bunga tidak hanya terjadi karena adanya angin. Juga beberapa jenis hewan pemakan buah-buahan seperti kelelawar dapat pula membantu dalam kelangsungan jenis tumbuhan tertentu, hal ini dikarenakan ketika beberapa jenis buah tersebut dimakan biji dari buah tersebut tidak ikut dicerna namun jatuh di tempat lain dan menjadi tumbuhan baru.

Namun dari semua faktor biotik yang ada, aktivitas manusialah yang sangat mempengaruhi persebaran makhluk hidup. Dengan mengubah bentukan alam dan melakukan budidaya manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya dan berusaha untuk menaklukan alam. Misalnya mengubah areal hutan di pulau Kalimantan untuk perkebunan kelapa sawit. Ketika jaman orde baru pemerintah membuka lahan perkebunan dan transmigrasi dari sejuta hektar lahan gambut (organosol) di pulau Kalimantan. Lahan gambut tidak cocok digunakan sebagai lahan pertanian maupun perkebunan namun dengan tekhnik tertentu dan pemberian zat tertentu (kapur) lahan tersebut menjadi dapat ditanami oleh para petani.


Pay Per Click Indonesia

Adsense Indonesia Bye Myspace Comments

Sumber-sumber bacaan dan unduhan

- http://langitselatan.com/, http://www.google.co.id/, http://id.wikipedia.org/wiki/Geografi, http://id.wikipedia.org/wiki/Tornado, http://rachmatwahidi.wordpress.com, http://andimanwno.wordpress.com, http://engineersblogs.blogspot.com, http://geo.ugm.ac.id/archives/100, http://www.e-dukasi.net/ untuk tujuan pembelajaran Geografi di kelas dan umum.

Bagi yang mau Upload File - Share File & Dapet Duit, Klik Banner di bawah